Wednesday, May 24, 2017

๐Ÿ“™ DO'A PAGI PEMBUKA AKTIFITAS SUPAYA BERKAH



Oleh : Abu Ghozie As-Sundawie

Diantara do’a yang senantiasa dibaca oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam  setiap pagi seusai Shalat Subuh adalah seperti apa yang dituturkan oleh Ummul Mu’minin Umu Salamah Radliyallahu ‘anha :

ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡  ูƒَุงู†َ ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุฅِุฐَุง ุตَู„َّู‰ ุงู„ุตُّุจْุญَ ุญِูŠู†َ ูŠُุณَู„ِّู…ُ : ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠ ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุนِู„ْู…ًุง ู†َุงูِุนًุง ูˆَุฑِุฒْู‚ًุง ุทَูŠِّุจًุง ูˆَุนَู…َู„ًุง ู…ُุชَู‚َุจَّู„ًุง

“Bahwa Nabi a membaca doa apabila usai shalat Subuh ketika selesai salam; Allahumma inni as'aluka 'ilman-naafi'an, wa rizqan thayyiban, wa amalan mutaqabbalan (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik (halal) dan amal yang diterima). 

 Apabila kita cermati kandungan doa ini dan tatkala Nabi shalallahu 'alaihi wasallam  senantiasa membacanya setiap pagi maka ada dua tinjauan  yang bisa kita mengambil faedah darinya.

PERTAMA  :

Ditijau dari segi waktunya, bahwa waktu pagi adalah salah satu waktu yang penuh berkah dan pagi adalah pembuka hari sehingga tepat dan sesuai apabila membaca do’a ini  pada waktu tersebut. Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam  mendoakan keberkahan kepada umatnya pada pagi harinya.

Nabi shalallahu 'alaihi wasallam  bersabda :

ุงู„ู„َّู‡ู…َّ ุจุงุฑูƒْ ู„ุฃُู…َّุชِูŠْ ูِูŠْ ุจُูƒُูˆْุฑِู‡َุง

“Ya Allah berilah keberkahan kepada umatku dalam aktivitas pagi mereka”.


 KEDUA :

Ditinjau dari kandungan do’anya, bahwa tiga perkara ini adalah tujuan, hajat dan tempat berlabuh  manusia disetiap harinya didalam mengarungi lautan kehidupan, segala cita-cita dan tujuan bermuara dari tiga hal ini, yaitu ilmu yang bermanfa’at, rezeki yang halal dan amalan yang diterima.  Ilmu yang dimaksud adalah Ilmu syar’I (ilmu agama), karena ilmu agamalah ilmu yang bermanfa’at secara mutlak, ilmu yang akan menyelamatkan pemiliknya dari kebinasaan dunia dan akhirat.

Adapun ilmu dunia maka akan bermanfaat dan menyelamatkan kepada pemiliknya tatkala dikaitkan dengan ilmu agama diniatkan untuk membela agama. 

Oleh karena itu dalam masalah keduniaan orang Kafirpun diberi ilmunya oleh Allah, tapi ilmu syari’at tidaklah diberikan kecuali kepada orang yang dikehendaki kebaikan oleh Allah dari kalangan orang-orang yang beriman.

Allah Ta’ala berfirman :

ูŠَุนْู„َู…ُูˆู†َ ุธَุงู‡ِุฑًุง ู…ِู†َ ุงู„ْุญَูŠَุงุฉِ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَู‡ُู…ْ ุนَู†ِ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ู‡ُู…ْ ุบَุงูِู„ُูˆู†َ

“Mereka(orang-orang kafir) hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai”.

Rasulullah shalallahu alaahi wasallam  bersabda tentang keutamaan ilmu syari’at :

ู…َู†ْ ูŠُุฑِุฏِ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِู‡ِ ุฎَูŠْุฑًุง ูŠُูَู‚ِّู‡ْู‡ُ ูِูŠ ุงู„ุฏِّูŠู†ِ

“Barang siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah maka ia akan dipahamkan dalam agama”. 

Dalam doa yang agung ini Rasulullah  mendahulukan permintaan berupa ilmu sebelum rezeki dan amal. Ini menunjukan bahwa dalam Islam bahwa ibadah, muamalah serta semua aktivitas kehidupan dunia secara umum, dibangun diatas dasar ilmu.

Para ulama mengatakan   : Berilmu sebelum berkata dan berbuat, ungkapan ini didasarkan kepada firman Allah  :

ูَุงุนْู„َู…ْ ุฃَู†َّู‡ُ ู„َุง ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„َّุง ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุงุณْุชَุบْูِุฑْ ู„ِุฐَู†ْุจِูƒَ ูˆَู„ِู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ูˆَุงู„ْู…ُุคْู…ِู†َุงุชِ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ูŠَุนْู„َู…ُ ู…ُุชَู‚َู„َّุจَูƒُู…ْ ูˆَู…َุซْูˆَุงูƒُู…ْ

“Maka ketahuilah (ilmuilah) bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan yang benar)selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal”. 

Diantara pelajaran yang lainnya mengapa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam  mendahulukan Ilmu sebelum rezeki dan amal, adalah karena dengan ilmulah seseorang akan terpelihara dari mendapatkan rezeki yang haram, dengan ilmu seseorang akan bisa membedakan antara harta yang halal dan harta yang haram, sebagaimana dengan ilmu pula seseorang akan mengetahui bagaimana cara beribadah kepada Allah  dengan benar yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah  kerena hanya ibadah yang ikhlas dan mengikuti sunnah (Ittiba’) yang akan diterima oleh Allah .

Pengaruh keburukan bagi yang mencari rezeki dengan cara yang haram atau mengkonsumsi barang yang haram adalah diantaranya do’anya tidak diijabah oleh Allah, tidaklah ada kemodlaratan yang paling besar dari pada seseorang tatkala ia meminta, memohon, berdo’a kepada Allah tapi Allah tidak mengabulkan permintaannya, menolak untuk mengijabah do’anya disebabkan harta haram yang masuk kedalam perutnya, isteri dan anak-anaknya Na’udzubillah..

Rasulullah shalallahu wasallam  bersabda :

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ู†َّุงุณُ ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุทَูŠِّุจٌ ู„َุง ูŠَู‚ْุจَู„ُ ุฅู„َّุง ุทَูŠِّุจุงً، ูˆุฅู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุชَุนَุงู„َู‰ ุฃَู…َุฑَ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ุจِู…َุง ุฃَู…َุฑَ ุจِู‡ِ ุงْู„ู…ُุฑْุณَู„ِูŠْู†َ، ูู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰: ูŠَุข ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ุฑُّุณُู„ُ ูƒُู„ُูˆุงْ ู…ِู†َ ุงู„ุทَّูŠِّุจَุงุชِ ูˆَุงุนْู…َู„ُูˆุงْ ุตَุงู„ِุญًุง ุฅِู†ِّูŠ ุจِู…َุง ุชَุนْู…َู„ُูˆู†َ ุนَู„ِูŠู…ٌ. ูˆู‚ุงู„: ูŠَุข ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุงْ ูƒُู„ُูˆุงْ ู…ِู† ุทَูŠِّุจَุงุชِ ู…َุง ุฑَุฒَู‚ْู†َุงูƒُู…ْ . ุซُู…َّ ุฐَูƒَุฑَ ุงู„ุฑَّุฌُู„َ ูŠُุทِูŠْู„ُ ุงู„ุณَّูَุฑَ ุฃَุดْุนَุซَ ุฃَุบْุจَุฑَ ูŠَู…ُุฏُّ ูŠَุฏَูŠْู‡ِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุณَّู…َุงุกِ: ูŠَุง ุฑَุจِّ! ูŠَุง ุฑَุจِّ! ูˆَู…َุทْุนَู…ُู‡ُ ุญَุฑَุงู…ٌ، ูˆَู…َุดْุฑَุจُู‡ُ ุญุฑุงู…ٌ، ูˆู…َู„ْุจَุณُู‡ُ ุญุฑุงู…ٌ، ูˆุบُุฐِูŠَ ุจุงู„ุญَุฑَุงู… ูَุฃَู†َّู‰ ูŠُุณْุชَุฌَุงุจُ ู„ِุฐَู„ِูƒَ.

“Wahai sekalian manusia sesungguhnya Allah (maha) baik dan tidaklah menerima kecuali yang baik-baik. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada kaum mu’minin sebagaimana yang telah diperintahkan juga kepada para rasul. Allah Ta’ala berfirman : “Wahai para rasul makanlah yang baik-baik dan lakukanlah amal shalih sesungguhnya Aku mengetahui atas apa yang kalian lakukan”.

Dan Allah Ta’ala berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-naik dari apa yang telah Kami berikan berupa rezeki kepada kalian”.

Kemudian Rasulullah menyebutkan seseorang yang sedang menmpuh perjalanan (musafir), bajunya lusuh ranbutnya kusut masai, ia menengadahkan kedua tangannya ke atas, ia mengatakan wahai Rabb..wahai Rabb..(bersimpuh berdo’a) akan tetapi (sayang) makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimana mungkin ia akan diijabah (do’anya)”. 

Oleh kerena itu manusia terbaik setelah Nabinya shalallahu alaihi wasallam , Abu Bakar As-Shiddiq radhiyallahu anhu  pernah memuntahkan susu pemberian budaknya yang telah diteguknya dengan cara memasukan jari kemulutnya, ketika ia diberitahu oleh budaknya bahwa susu yang diberikannya hasil upah menipu pur-pura jadi dukun pada masa jahiliyah. Ketika dikatakan kepada Beliau, mengapa engkau melakukan itu semua padahal hanya satu tegukan saja? Maka beliau menjawab :

ู„َูˆْ ู„َู…ْ ุชَุฎْุฑُุฌْ ุฅِู„َّุง ู…َุนَ ู†َูْุณِูŠْ ู„َุฃَุฎْุฑَุฌْุชُู‡َุง، ุณَู…ِุนْุชُ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ  ูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ูƒُู„ُّ ุฌَุณَุฏٍ ู†َุจَุชَ ู…ِู†ْ ุณُุญْุชٍ ูุงู„ู†ุงุฑُ ุฃูˆู„ู‰ ุจِู‡ِ ูَุฎَุดِูŠْุชُ ุฃَู†ْ ูŠَู†ْุจُุชَ ุดَูŠْุกٌ ู…ِู†ْ ุฌَุณَุฏِูŠْ ู…ِู†ْ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ู„ُّู‚ْู…َุฉِ.

“Seandainya seteguk susu ini tidak keluar dari perutku kecuali harus keluar dengan nyawaku, niscaya akan aku keluarkan (bersama nyawaku), Aku mendengar Rasulullah a bersabda : “Setiap jasad yang tumbuh dari yang haram maka nerakalah lebih pantas menjadi tempat duduknya”, makanya aku takut tumbuh sesuatu yang haram dari dagingku dengan sebab seteguk susu ini”. 

Kemudian Rasulullah a mengakhiri do’anya dengan memohon kepada Allah Amalan Mutaqobbalan (amalan nyang diterima), amalan yang diterima adalah amalan yang didasari dengan ilmu dan pemahaman yang benar bukan beribadah diatas kejahilan, kebiasaan, ikut-ikutan atau ro’yu belaka, akan tetapi amalan yang ikhlas hanya mengharapkan wajah Allah dan mutaba’ah (sesuai contoh) Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam.

Doa ini juga memberikan pelajaran kepada kita anjuran untuk menuntut ilmu syari’at, mencari rezeki yang halal dan meminta tolong kepada Allah agar diberi kemampuan untuk memperbagus amalan ibadah kita agar menjadi ibadah yang maqbul disisi Allah sebagai mana do’a yang diajarkan Nabi  shalallahu alaihi wasallam kepada Mu’adz bin Jabal  radhiyallahu anhu.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam  bersabda kepada Muadz bin Jabal :

ูŠَุง ู…ُุนَุงุฐُ ุฅِู†ِّูŠ ู„ุฃُุญِุจُّูƒَ، ูَู‚َุงู„َ ู„َู‡ُ ู…ُุนَุงุฐٌ: ุจِุฃَุจِูŠ ุฃَู†ْุชَ ูˆَุฃُู…ِّูŠ ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ، ูˆَุฃَู†َุง ุฃُุญِุจُّูƒَ، ู‚َุงู„َ: ุฃُูˆุตِูŠูƒَ ูŠَุง ู…ُุนَุงุฐُ ู„ุงَ ุชَุฏَุนَู†َّ ูِูŠ ุฏُุจُุฑِ ูƒُู„ِّ ุตَู„ุงَุฉٍ ุฃَู†ْ ุชَู‚ُูˆู„َ: ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฃَุนِู†ِّูŠ ุนَู„َู‰ ุฐِูƒْุฑِูƒَ ูˆَุดُูƒْุฑِูƒَ ูˆَุญُุณْู†ِ ุนِุจَุงุฏَุชِูƒَ

“Wahai Mu’adz sesungguhnya aku benar-benar mencintaimu”, Muadz radhiyallahu 'anhu lalu menjawab : “Ibu dan ayahku yang menjadi tebusannya wahai Rasulullah akupun sangat mencintaimu”, Lalu Rasulullah a bersabda : ”Wahai mu’adz janganlah engkau tinggalkan dalam setiap akhir shalatmu membaca do’a : Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wasyukrika wahusni ‘ibadatik (Ya Allah tolonglah aku agar bisa berdzikir mengingat-Mu, bersyukur kepada (ni’mat)-Mu dan memperbagus ibadah kepada-Mu)”. 

Semoga kita senantiasa bisa istiqamah membaca serta mengamalkan do’a yang agung ini, Wallahu waliyyut Taufiq

No comments:

Post a Comment